Hanya
ingat bahwa GL-4 dan GL-5 adalah peringkat oli gear, bukan peringkat oli transmisi. Transmisi memiliki gear dan
Penyelaras ( synchronizer ). Persyaratan ini tampaknya bertentangan harus
dipenuhi berbeda. Ketika seseorang memberitahu Anda bahwa GL-5 mereka mencakup
GL-4, ingat mereka benar sejauh EP perlindungan, tapi itu hanya setengah
jawabannya. Ketika mereka mengatakan mereka Sulfur / Fosfor aditif tidak akan
menimbulkan korosi logam kuning, mereka juga benar, tetapi jika ada cukup untuk
memenuhi GL-5 perlindungan, mereka perlahan-lahan akan mengupas Penyelaras (
synchronizer ) kuningan Anda.
Oli
Gear dari beberapa dekade yang lalu memiliki aditif timbal yang efektif pada tingkat
pengurangan aus , tapi tidak sangat baik untuk lingkungan. Dalam waktu yang lama lalu mereka mulai digantikan
oleh oli gear dengan aditif fosfor (sendiri aditif anti-wear yang layak) dengan
belerang / sulfur aktif untuk menahan pada pegangan gear dan membuat layer
korban ( sacrificial layer ) sangat padat dengan bahan yang bisa memudar,
sehingga melindungi permukaan gear. Akhirnya ditemukan bahwa sulfur aktif
menyebabkan korosi kuningan ( dalam synchomesh ) dan lainnya logam lunak yang
digunakan dalam perbedaan dan transmisi.
Di
suatu tempat sekitar 20 tahun yang lalu belerang / sulfur dinonaktifkan atau
buffered dikembangkan yang akan bereaksi dengan fosfor untuk menciptakan
pelindung / lapisan korban ( sacrificial layer ) dalam kondisi dibuat dalam gear
box (suhu dan tekanan) tanpa merusak kuningan, tembaga, dll sistem aditif ini
digunakan di sebagian besar oli gear hari ini.
Masalah
muncul ketika kita mencoba atau perlu menggunakan produk yang sama dalam
transmisi yang kita gunakan dalam diferensial. Banyak orang telah menyebut
perusahaan minyak dan memberitahuan kepada "teknisi" yang menjawab
pertanyaan bahwa minyak mereka telah buffered sulfur dan oleh karena itu tidak
merusak logam-logam kuning, oleh karena itu oli GL-5 mereka dapat digunakan
dengan komponen kuningan. Sementara jawaban yang benar-benar benar, tidak
menjawab. Pertanyaannya: Dapatkah saya menggunakan GL-5 di transmisi
synchromesh saya?
Mari
kita lihat di API GL-5 rating. Ini adalah rating untuk EP (Extreme Pressure)
perlindungan. Semakin tinggi perlindungan EP, semakin tinggi kategori GL. Pada
pertengahan 60-an, Ford membutuhkan perlindungan yang lebih baik di truk pickup
nya dan GM mengembangkan roda depan Oldsmobile Toronado yang memiliki
diferensial yang dengan sudut yang sangat tinggi kontak untuk transmisi daya ke
roda sehingga kategori yang lebih tinggi adalah dikembangkan (kemudian disebut
GL-6) untuk menawarkan perlindungan yang dibutuhkan. Tingkat perlindungan masih
dapat mengklaim, tapi tidak bisa lagi diuji karena rig Toronado digunakan untuk
menguji hal ini tidak lagi tersedia. (Catatan: 1966 dan 1967 Toronados memiliki
gigi matahari ( sun gear ) antara poros gandar bukan spyder gigi dan sangat tinggi
offset, sementara dari bagian mesin mengalami suhu tinggi dan tekanan sangat
tinggi.) Inilah sebabnya mengapa Anda akan sering melihat GL-6 terdaftar
sebagai "usang". Tes ini usang, dan tidak dipakai pada mobil atau
kebutuhan lainnya. Banyak mobil kinerja tinggi lainnya terus untuk spec tingkat
kinerja EP.
Dalam
operasi normal, belerang / fosfor membentuk aditif lapisan korban ( sacrificial
layer ) yang berwarna hitam pada gigi /
gear dan apapun yang disentuhnya dengan sedikit tekanan dan temperatur. Gear
kemudian mempergunakannya dan aditif lapisan korban ( sacrificial layer ) berkurang
atau memudar. Hal ini normal dan dapat diterima di semua gigi /gear baja.
Tapi
ketika satu atau lebih dari permukaan adalah kuningan atau logam lunak lain,
lapisan korban ( sacrificial layer ) lebih kuat dari logam dasar, dan bukan
hanya mengelupas, namun dibutuhkan dengan itu beberapa mikron dari kuningan yang
mengikat.
Oli
gear GL-4 yang normal pada setiap viskositas memiliki sekitar ½ dari tingkat
sulfur / aditif fosfor yang ada pada produk GL-5, sehingga penetrasi tidak
sekuat , dan karena itu dapat terkelupas tanpa mengupas lapisan kuningan (atau
kurang kuningan). Ini berarti bahwa produk GL-4 memberikan perlindungan tekanan
sedikit kurang ekstrim, sehingga dalam diferensial mobil bertenaga tinggi, hal
itu tidak akan menjadi produk yang ideal di diferensial. Untuk memahami
kebutuhan ini kita harus menyadari fakta bahwa diferensial adalah di mana torsi
akhir diterapkan ke roda (dalam sebagian besar aplikasi). Tapi dalam transmisi,
kita harus mempertimbangkan dua faktor:
•
Apakah fakta bahwa menerapkan torsi akhir diferensial, biasanya kita tidak
perlu EP penuh perlindungan dalam transmisi di mana kurang torsi (sekitar 30%)
diterapkan.
•
Kita harus mampu memberikan perlindungan EP pada pemintalan gear cukup lama
untuk synchromesh atau sinchronizer nya.
Ketika
kita menggunakan produk GL-5 di transmisi yang memerlukan GL-4, kita biasanya
menemukan 2 sampai 4 kali banyak tembaga dalam minyak yang digunakan seperti
yang kita lakukan dengan produk GL-4.
Akhirnya
penyelaras ( synchronizer ) dipakai pada bagian ini tidak lagi melakukan kontak
dengan bagian lain dari kerucut, pada dasar keluar sebelum menghentikan gigi
lawan. (Lihat gambar di bawah ini.)
KALO MAU PLAGIAT TUH SERTAKAN SUMBER, TUMAN!!! (PLAKKKK!)
BalasHapushttp://www.koenigwinches.dk/gl-4-contra-gl-5.html
Lumayan dpaat dipahami bro, thanks
BalasHapusTnx. Informasi
BalasHapus