Selasa, 07 Oktober 2014

Perbedaan oli Transmission API GL4 dan GL5


Hanya ingat bahwa GL-4 dan GL-5 adalah peringkat oli gear, bukan peringkat oli transmisi. Transmisi memiliki gear dan Penyelaras ( synchronizer ). Persyaratan ini tampaknya bertentangan harus dipenuhi berbeda. Ketika seseorang memberitahu Anda bahwa GL-5 mereka mencakup GL-4, ingat mereka benar sejauh EP perlindungan, tapi itu hanya setengah jawabannya. Ketika mereka mengatakan mereka Sulfur / Fosfor aditif tidak akan menimbulkan korosi logam kuning, mereka juga benar, tetapi jika ada cukup untuk memenuhi GL-5 perlindungan, mereka perlahan-lahan akan mengupas Penyelaras ( synchronizer ) kuningan Anda. 
Oli Gear dari beberapa dekade yang lalu memiliki aditif timbal yang efektif pada tingkat pengurangan aus , tapi tidak sangat baik untuk lingkungan. Dalam  waktu yang lama lalu mereka mulai digantikan oleh oli gear dengan aditif fosfor (sendiri aditif anti-wear yang layak) dengan belerang / sulfur aktif untuk menahan pada pegangan gear dan membuat layer korban ( sacrificial layer ) sangat padat dengan bahan yang bisa memudar, sehingga melindungi permukaan gear. Akhirnya ditemukan bahwa sulfur aktif menyebabkan korosi kuningan ( dalam synchomesh ) dan lainnya logam lunak yang digunakan dalam perbedaan dan transmisi.
Di suatu tempat sekitar 20 tahun yang lalu belerang / sulfur dinonaktifkan atau buffered dikembangkan yang akan bereaksi dengan fosfor untuk menciptakan pelindung / lapisan korban ( sacrificial layer ) dalam kondisi dibuat dalam gear box (suhu dan tekanan) tanpa merusak kuningan, tembaga, dll sistem aditif ini digunakan di sebagian besar oli gear hari ini.
Masalah muncul ketika kita mencoba atau perlu menggunakan produk yang sama dalam transmisi yang kita gunakan dalam diferensial. Banyak orang telah menyebut perusahaan minyak dan memberitahuan kepada "teknisi" yang menjawab pertanyaan bahwa minyak mereka telah buffered sulfur dan oleh karena itu tidak merusak logam-logam kuning, oleh karena itu oli GL-5 mereka dapat digunakan dengan komponen kuningan. Sementara jawaban yang benar-benar benar, tidak menjawab. Pertanyaannya: Dapatkah saya menggunakan GL-5 di transmisi synchromesh saya?
Mari kita lihat di API GL-5 rating. Ini adalah rating untuk EP (Extreme Pressure) perlindungan. Semakin tinggi perlindungan EP, semakin tinggi kategori GL. Pada pertengahan 60-an, Ford membutuhkan perlindungan yang lebih baik di truk pickup nya dan GM mengembangkan roda depan Oldsmobile Toronado yang memiliki diferensial yang dengan sudut yang sangat tinggi kontak untuk transmisi daya ke roda sehingga kategori yang lebih tinggi adalah dikembangkan (kemudian disebut GL-6) untuk menawarkan perlindungan yang dibutuhkan. Tingkat perlindungan masih dapat mengklaim, tapi tidak bisa lagi diuji karena rig Toronado digunakan untuk menguji hal ini tidak lagi tersedia. (Catatan: 1966 dan 1967 Toronados memiliki gigi matahari ( sun gear ) antara poros gandar bukan spyder gigi dan sangat tinggi offset, sementara dari bagian mesin mengalami suhu tinggi dan tekanan sangat tinggi.) Inilah sebabnya mengapa Anda akan sering melihat GL-6 terdaftar sebagai "usang". Tes ini usang, dan tidak dipakai pada mobil atau kebutuhan lainnya. Banyak mobil kinerja tinggi lainnya terus untuk spec tingkat kinerja EP.
Dalam operasi normal, belerang / fosfor membentuk aditif lapisan korban ( sacrificial layer )  yang berwarna hitam pada gigi / gear dan apapun yang disentuhnya dengan sedikit tekanan dan temperatur. Gear kemudian mempergunakannya dan aditif lapisan korban ( sacrificial layer ) berkurang atau memudar. Hal ini normal dan dapat diterima di semua gigi /gear baja.
Tapi ketika satu atau lebih dari permukaan adalah kuningan atau logam lunak lain, lapisan korban ( sacrificial layer ) lebih kuat dari logam dasar, dan bukan hanya mengelupas, namun dibutuhkan dengan itu beberapa mikron dari kuningan yang mengikat.
Oli gear GL-4 yang normal pada setiap viskositas memiliki sekitar ½ dari tingkat sulfur / aditif fosfor yang ada pada produk GL-5, sehingga penetrasi tidak sekuat , dan karena itu dapat terkelupas tanpa mengupas lapisan kuningan (atau kurang kuningan). Ini berarti bahwa produk GL-4 memberikan perlindungan tekanan sedikit kurang ekstrim, sehingga dalam diferensial mobil bertenaga tinggi, hal itu tidak akan menjadi produk yang ideal di diferensial. Untuk memahami kebutuhan ini kita harus menyadari fakta bahwa diferensial adalah di mana torsi akhir diterapkan ke roda (dalam sebagian besar aplikasi). Tapi dalam transmisi, kita harus mempertimbangkan dua faktor:
• Apakah fakta bahwa menerapkan torsi akhir diferensial, biasanya kita tidak perlu EP penuh perlindungan dalam transmisi di mana kurang torsi (sekitar 30%) diterapkan.
• Kita harus mampu memberikan perlindungan EP pada pemintalan gear cukup lama untuk synchromesh atau sinchronizer nya.
Ketika kita menggunakan produk GL-5 di transmisi yang memerlukan GL-4, kita biasanya menemukan 2 sampai 4 kali banyak tembaga dalam minyak yang digunakan seperti yang kita lakukan dengan produk GL-4.

Akhirnya penyelaras ( synchronizer ) dipakai pada bagian ini tidak lagi melakukan kontak dengan bagian lain dari kerucut, pada dasar keluar sebelum menghentikan gigi lawan. (Lihat gambar di bawah ini.) 

3 komentar: