Begitu banyak type grease terkadang kita harus lebih cermat agar tepat dalam memilih. Agar kita mudah dalam memilih type grease yang dipergunakan, pastikan dulu aplikasi dan bagian mana yang akan menggunakan grease tersebut. Kemudian baru kita tentukan pilihan grease yang cocok.
Misalnya saja untuk Fan / kipas atau elektrik motor, maka kita dapat memilih grease dengan type khusus PolyUrea, seperti :
Kebanyakan fasilitas industri memiliki bearing yang berputar lebih cepat dari peralatan pengolahan normal. Ketika kita lihat pelumas pada beberapa peralatan, tidak semua pelumas memiliki karakteristik dengan cara kerja yang sama.
Misalnya saja untuk Fan / kipas atau elektrik motor, maka kita dapat memilih grease dengan type khusus PolyUrea, seperti :
- Total Altis EM 2 untuk yang base mineral oil, atau
- Total Altis SH 2 untuk yang base synthetic oil
Kebanyakan fasilitas industri memiliki bearing yang berputar lebih cepat dari peralatan pengolahan normal. Ketika kita lihat pelumas pada beberapa peralatan, tidak semua pelumas memiliki karakteristik dengan cara kerja yang sama.
Untuk komponen dilumasi dengan grease yang kurang cocok, kadang memiliki efek pada bearing dapat
menyebabkan peningkatan panas, gesekan tinggi dan kegagalan akhirnya prematur. Dengan memilih grease yang benar dapat membantu dalam menangani aplikasi yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi, Sehingga Anda
dapat membantu meminimalkan potensi kegagalan yang disebabkan oleh ketidakcocokan
pelumas untuk aplikasi.
Aplikasi berkecepatan tinggi
Beberapa teknisi di pabrik sering bertanya
tentang berapa suhu pada bearing yang harusnya normal beroperasi. Memang permasalahan pada bearing yang
tampaknya menjadi masalah yang sering terjadi. Pada aplikasi dengan bearing yang berputar dengan kecepatan tinggi dapat berakibat suhu yang tinggi.
Sebagai
contoh, pada kipas yang menggantung ( Overhanging Fans ). Pada kipas ini
memiliki belt-driven pada rasio 1-to-1 dari motor listrik besar. Kecepatan motor
ditetapkan pada 1750 putaran per menit (rpm). Karena tidak ada pengurangan atau
peningkatan ukuran katrol. Mungkin kita dapat mengasumsikan dengan bearing yang punya kecepatan cukup tinggi.
Bearing tersebut diberikan grease dengan produk yang terlalu kental, sehingga dapat menyebabkan tumpukan kelebihan grease dan menimbulkan panas serta memperpendek usia pakai bearing.
Solusinya yaitu dengan mencocokkan sifat grease yang lebih dekat dengan kebutuhan bearing,
Anda dapat membantu memperpanjang umur bearing.
Contoh di atas merupakan gambaran dari jenis mesin di
sebagian besar pabrik. Mungkin kita juga bisa menemukan aplikasi
kecepatan tinggi dalam komponen lain juga. Misalnya, beberapa pompa yang
langsung digabungkan ke electric motor dan memiliki bearing yang berputar lebih dari 2.000 rpm. Hal ini berlaku yang sama untuk mixer tertentu,
agitator dan blower.
Komponen ini mungkin kurang nyaman jika diberikan grease type umum multi-purpose yang hanya diterapkan tanpa memperhatikan kebutuhan bearing. Untuk memahami
apa yang dibutuhkan bearing dalam hal pelumasan, Anda harus terlebih dahulu
belajar bagaimana untuk menentukan faktor kecepatan bearing.
Menghitung Faktor Kecepatan
Faktor kecepatan adalah istilah yang membantu mendefinisikan
hubungan kecepatan antara putaran bearing dengan ukuran bearing.
Ada dua
cara utama untuk menghitung faktor ini:
Yang pertama dikenal sebagai nilai DN,
yang menggunakan diameter dalam bearing dikalikan dengan kecepatan yang
berputar.
Metode kedua dikenal sebagai nilai NDm. Ini menggunakan ukuran
bantalan ini median, juga dikenal sebagai diameter pitch, dan kecepatan rotasi
untuk menghitung faktor kecepatan.
Faktor kecepatan dapat membantu Anda menentukan berbagai
sifat pelumas, yang kemudian dapat memanfaatkan untuk memilih pelumas yang
tepat. Di antara sifat ini akan menjadi patokan untuk memilih tingkat viskositas minyak dan tingkat kekentalan grease atau NLGI ( National Lubricating Grese Institute ).
Viskositas Minyak
Properti fisik yang paling penting dari pelumas adalah
viskositas. Viskositas inilah yang menentukan seberapa tebal atau tipis
film pelumas akan didasarkan pada beban, kecepatan dan kontak dengan permukaan. Ini
harus disesuaikan dengan kebutuhan bearing. Kebanyakan grease umum / multi purpose memiliki viskositas minyak dasar sekitar 220 centistokes. Sedangkan jenis grease yang dapat bekerja dengan baik pada kecepatan sedang dan beban, seiring meningkatnya kecepatan
bearing maka viskositas harus dikurangi.
Ada banyak cara untuk menentukan viskositas minyak yang sesuai. Dengan
memanfaatkan faktor kecepatan disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan
grafik standar untuk mengidentifikasi viskositas yang tepat untuk bearing pada
suhu operasi.
Dalam contoh sebelumnya dari bearing kipas, nilai NDm bantalan
itu 293.125, yang menyebabkan viskositas minyak dasar sekitar 7 centistokes.
Bearing itu beroperasi di sekitar 150 derajat F. Dengan indeks viskositas
standar 95, ini setara dengan ISO VG 22-32.
Jika Anda
menggunakan grease umum / multi-tujuan standar, bearing ini akan menerima sekitar 10
kali viskositas diperlukan. Meskipun beberapa viskositas kelebihan tidak selalu
hal yang buruk, tingkat ini akan menjadi sedikit ekstrim.
Viskositas yang berlebihan dapat menyebabkan panas dan meningkatkan konsumsi energi. Kedua hal ini merugikan. Panas pada bearing yang berjalan, semakin rendah
viskositas minyak menjadi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan pada melubernya grease dan membutuhkan frekuensi yang lebih sering untuk pelumasan. Konsumsi energi juga
dapat bertambah dari waktu ke waktu, sehingga timbul kerugian biaya yang hilang karena kelebihan viskositas.
Dengan grease,secara umum dapat melumasi bearing dengan mudah sampai mencapai faktor kecepatan lebih besar dari 500.000. Beberapa Grease di pasaran disebut-sebut mampu bekerja hingga kecepatan
faktor 2,000,000. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua Grease diciptakan sama,
dan tidak semua bisa melakukan dengan baik pada berbagai tingkat kecepatan.
Penyaluran / Channeling Karakteristik
Satu properti dari minyak pelumas yang dapat menentukan
bagaimana ia akan melumasi pada kecepatan tinggi disebut channeling.
Istilah ini digunakan untuk menentukan seberapa baik lemak dapat mengalir dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan di permukaannya. Metode 3.456,2 Federal Test Metode Standar 791C menawarkan salah satu cara untuk menguji karakteristik penyaluran pelumas.
Dalam tes ini, grease diterapkan untuk wadah, dan permukaan yang mendatar. Setelah suhu telah stabil, strip baja, yang dikenal sebagai alat penyaluran, ditarik melalui lemak, meninggalkan kekosongan atau saluran dalam grease. Setelah 10 detik, grease tersebut akan diperiksa untuk melihat apakah telah mengalir kembali ke dalam saluran atau ditutupi bagian bawahnya.
Jika grease telah mengisi kekosongan, itu dikenal sebagai non-penyaluran / non channeling grease. Jika grease tidak mengisi kekosongan, diberi label sebagai grease penyaluran / channeling grease.
Istilah ini digunakan untuk menentukan seberapa baik lemak dapat mengalir dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan di permukaannya. Metode 3.456,2 Federal Test Metode Standar 791C menawarkan salah satu cara untuk menguji karakteristik penyaluran pelumas.
Dalam tes ini, grease diterapkan untuk wadah, dan permukaan yang mendatar. Setelah suhu telah stabil, strip baja, yang dikenal sebagai alat penyaluran, ditarik melalui lemak, meninggalkan kekosongan atau saluran dalam grease. Setelah 10 detik, grease tersebut akan diperiksa untuk melihat apakah telah mengalir kembali ke dalam saluran atau ditutupi bagian bawahnya.
Jika grease telah mengisi kekosongan, itu dikenal sebagai non-penyaluran / non channeling grease. Jika grease tidak mengisi kekosongan, diberi label sebagai grease penyaluran / channeling grease.
Menyalurkan grease lebih mudah didorong keluar dari jalan elemen
seperti berputar, sehingga mengarah ke kurang mengocok dan kurang naiknya suhu.
Grease yang non-penyaluran mengalir kembali ke jalan dan dapat mengakibatkan kelebihan panas.
Jenis Pengental / Thickener
Selain dari viskositas minyak dasar, properti grease lain
yang dampak karakteristik menyalurkan adalah jenis pengental / thickener. Pengental dalam
grease yang sering disebut sebagai spons yang nahan minyak. Struktur serat di
pengental dapat mempengaruhi sifat minyak tertentu, seperti penyaluran,
pecah, titik beku dan konsistensi keseluruhan.
Beberapa pengental pelumas memiliki serat panjang, sementara yang lain memiliki serat pendek. Pengental dengan serat pendek akan memiliki tekstur halus. Pengental yang lebih kompleks, seperti : lithium, kalsium, polyurea dan silika.
Grease yang diformulasikan dengan pengental ini biasanya memiliki karakteristik penyaluran yang lebih baik dan lebih mudah dipompa.
Beberapa pengental pelumas memiliki serat panjang, sementara yang lain memiliki serat pendek. Pengental dengan serat pendek akan memiliki tekstur halus. Pengental yang lebih kompleks, seperti : lithium, kalsium, polyurea dan silika.
Grease yang diformulasikan dengan pengental ini biasanya memiliki karakteristik penyaluran yang lebih baik dan lebih mudah dipompa.
Pengental dengan serat panjang, seperti : natrium,
aluminium dan barium, cenderung memiliki karakteristik penyaluran buruk.
Semakin lama serat pengental juga dapat terkikis melalui proses berputar / rotasi, yang
dapat menyebabkan perubahan dalam konsistensi. Selain itu, type grease ini
sering mengalir kembali ke dalam saluran yang telah dipotong oleh bantalan,
mereka dapat menghasilkan peningkatan panas dan memperburuk proses geser.
Grade NLGI ( Tingkat Kekentalan )
Viskositas minyak dasar / base oil dan jumlah konsentrasi pengental / thickener sangat mempengaruhi grade NLGI dari pelumas grease.
Jumlah NLGI adalah ukuran konsistensi pelumas itu. Semakin tinggi jumlah NLGI, yang lebih tebal konsistensi keseluruhan. Skala berkisar dari 000 (cairan seperti) ke 6 (blok yang solid). Ketika dibutuhkan grease dengan aplikasi kecepatan tinggi untuk bearing bergulir-elemen, kelas NLGI cenderung naik sedangkan viskositas minyak dasar turun.
Keseimbangan ini adalah untuk memastikan minimalisasi pecahnya minyak dalam grease dari pengental. Berdasarkan kecepatan faktor bantalan serta suhu operasi bearing, Anda dapat memakai tingkat NLGI grease yang tepat.
Jumlah NLGI adalah ukuran konsistensi pelumas itu. Semakin tinggi jumlah NLGI, yang lebih tebal konsistensi keseluruhan. Skala berkisar dari 000 (cairan seperti) ke 6 (blok yang solid). Ketika dibutuhkan grease dengan aplikasi kecepatan tinggi untuk bearing bergulir-elemen, kelas NLGI cenderung naik sedangkan viskositas minyak dasar turun.
Keseimbangan ini adalah untuk memastikan minimalisasi pecahnya minyak dalam grease dari pengental. Berdasarkan kecepatan faktor bantalan serta suhu operasi bearing, Anda dapat memakai tingkat NLGI grease yang tepat.
obat aborsi
BalasHapusJual Cytotec http://jualpilcytotecasli.com/ Penggugur Kandungan
Jual Obat Aborsi Cytotec Asli Penggugur Kandungan Tuntas
Jual Obat Aborsi Ampuh http://jualobat-aborsi.com/ Obat Aborsi Garansi Tuntas
Jual Obat Aborsi