Nama yang tepat
JIka dilihat dari namanya antifreeze / antibeku dan Coolant / pendingin, mungkin
saja seolah-olah akan ditukarkan, karena memang awalnya, antibeku merupakan
istilah yang lebih sering digunakan pada awalnya pada industri. Menjaga air di
blok mesin dari pembekuan adalah satu-satunya alasan yaitu digunakan bahan air yang
mudah beku.
Namun seiring perkembanagn mesin, ada tuntutan untuk
perpindahan panas menjadi lebih penting; Oleh karena itu, coolant kata
digunakan lebih sering digunakan.
Terakhir ini,
antibeku & coolant pendingin hadir dalam berbagai warna dan masing-masing
menandakan tujuan. Hal ini dapat membingungkan bagi pengguna khusus pendingin
yang dapat diidentifikasi dengan warna mereka ketika warna tidak standar pada industri.
Selama beberapa tahun terakhir, produsen kendaraan telah
memperkenalkan berbagai pendingin/coolant uang memiliki usia pakai yang lebih
panjang. Setiap produsen dengan formula tertentu memiliki warna sendiri.
Setiap formula harus memberikan perlindungan korosi, usia
pakai yang sesuai dan kompatibilitas dengan bahankimia. Di pasaran terdapat
banyak sekali warna coolan :hijau, merah, biru, kuning, bahkan merah muda.
Semakin banyak kita melihat keragaman ini, semakin membingungkan membingungkan
kita.
Kelompok pendingin / coolant
Ada tiga kelompok utama pendingin/ coolant. Kami tidak akan menggolongkan
setiap pendingin berdasarkan merk, tapi pendekatan dari warna yang ada di pasaran.
Sebagai contoh coolant berwarna kuning mungkin memiliki
komposisi yang sangat berbeda. Atau coolant / pendingin berwarna biru mungkin
memiliki formula yang sama sebagai pendingin merah.
Group 1
Type ini yang asli berbasis glycol dengan warna hijau, kita
biasa menyebutnya anti freeze / antibeku.
Type kelompok ini memiliki bahan silikat dan fosfat inhibitor korosi yang bekerja
baik untuk menghambat korosi pada kedua besi dan permukaan dalam radiator.
Cairan ini hijau akrab telah terbukti layak di semua suhu
ekstrem dari Amerika Utara. Hampir setiap kendaraan bisa menggunakan cairan
ini. Mengapa tidak membuat pendingin type yang universal? Jawabannya sangat mungkin,
tetapi inhibitor korosi memiliki usia pakai yang sangat singkat dan antibekunya
harus diubah setiap tahun atau setiap 30.000 mil harus diganti. Salah satu
kelemahannya, Jika pengguna tidak rajin
melakukan perawatan ini, maka sering terjadi kerusakan pada system radiatornya.
Group 2
Type pendingin /coolant dengan bahan dasar teknologi asam
organik (Organic Acid Technology/OAT). Type coolant yang mengandung asam
organik 2-etilheksanoat-asam atau 2-EHA dan lainnya, tapi tidak mengandung silikat
atau fosfat.
Formula ini memberikan perlindungan usia pakai yang lebih
panjang, sehingga bisa menggantikan bahan silikat yang berumur pendek dan
fosfat. Banyak warna berada dalam kelompok ini. Misalnya General Motor OAT
berbasis DexCool, warnanya oranye. Volkswagen-Audi memiliki formula yang sama,
tetapi berwarna pink. Honda memiliki satu pendingin /coolant warna hijau gelap,
yang terlihat hampir hitam ketika kotor.
Inhibitor korosi dalam kelompok ini memiliki
usia pakai lebih tahan lama. Lima tahun, atau interval 150.000 mil sering
direkomendasikan pada kelompok coolant ini.
Group 3
Type pendingin/coolant OAT hybrid yang disebut G-05. Type
ini tidak memiliki 2-EHA tetapi menggunakan asam organik lain dan menambahkan
silikat sedikit. Silikat diinginkan karena memberikan perlindungan aktif pada
permukaan aluminium dalam system radiator. Silikat juga akan memperbaiki cacat kecil
pada permukaan. Chrysler, Ford, dan
banyak produsen Eropa menggunakan ini OAT hybrid.
Jangka waktu penggantian
Dengan banyaknya pendingin/coolant dan warna yang berbeda di luar sana. Apakah
Anda harus mengganti atau Anda kualitas yang lebih tinggi dari pendingin yang
lain? Sebuah pendingin yang benar-benar universal mungkin akan sangat membantu.
Yaitu memberikan kemampuan baik untuk menggunakan satu pendingin dengan semua
manfaat. Namun hal itu sangat sulit.
Menurut pendapat saya, ada satu pendingin yang benar-benar
universal adalah yang asli berwarna hijau. Sangat banyak di pasaran. Type ini adalah yang termurah,
melindungi dan bahkan perbaikan kelemahan aluminium ringan, dan satu-satunya
ketidaknyamanan adalah umur pendek (diimbangi dengan biaya rendah) dengan
menguras dan isi ulang dengan waktu yang lebih pendek, 30.000 mil atau sekitar
48.000 Km.
Penggunaan yang direkomendasikan : campuran 50/50 air :
coolant kecuali sistemnya punya kondisi ekstrim atau memiliki masalah korosi
dalam sistemnya.
Type 2 dan 3 memiliki usai pakai yang lebih panjang, tapi
harganya juga pasti lebih mahal.
Untuk diperhatikan bahwa setiap kelompok coolant memiliki
keunggulan tersendiri, namun jangan pernah mencampur dengan type yang berbeda.
0 komentar:
Posting Komentar